Jumlah Anggota Dewan Membengkak

Imbas Pertumbuhan Warga Kota Pasuruan

            Jumlah wakil rakyat Kota Pasuruan dipastikan membengkak pasca pemilihan legislatif (pileg) mendatang. Sebab dari penghitungan jumlah penduduk yang dilakukan Kemendagri, total penduduk di Kota Pasuruan per 29 November 2012 telah mencapai angka 205.302 jiwa.

            Dengan jumlah masyarakat sebanyak itu, maka kursi parlemen di DPRD Kota Pasuruan bakal ditambah 5 lagi. Angka jumlah penduduk tersebut kemarin (6/12) diterima oleh jajaran pejabat Pemkot dan Anggota KPU kota di rumah dinas Walikota.

Setelah menerima daftar jumlah penduduk, KPU kota langsung menyiapkan langkah untuk sinkronisasi dengan pemerintah. Salah satunya adalah untuk menentukan jumlah daerah pemilihan ( dapil ) dari empat kecamatan.

            Abdul Hamid Mujib, ketua KPU Kota Pasuruan mengatakan, data jumlah penduduk di kota sudah tembus dari angka 200 ribu jiwa. “Dari UU dan peraturan KPU Nomor 8/2012, jumlah angka penduduk yang sudah melebihi 200 ribu jiwa, mengharuskan suatu daerah memiliki anggota legislatif di parlemen sebanyak 30 orang. Artinya bertambah 5 kursi dari pemilu sebelumnya ( sekarang hanya ada 25 kursi ),” terang Abdul Hamid Mujib.

            Soal penentuan jumlah dapil, Abdul Hamid mengatakan hingga saat ini KPU langsung tancap gas. Dari jumlah empat kecamatan yang ada di Kota Pasuruan, sejatinya ada 4 dapil saat pemilu. Namun karena satu kecamatan terbilang baru dibentuk, maka KPU perlu mengusulkan perubahan dapil ke KPU di pusat.

            Begitupun dengan penentuan jumlah dewan di tiap dapil. Hal ini juga masih diusulkan untuk meminta petunjuk dari KPU pusat. “ Soal dapil, ditentukan oleh KPU pusat. KPU di daerah hanya bisa menyarankannya. Untuk jumlah dapil bisa ada perubahan setelah ada usulan. Kemungkinan Februari 2013 nanti sudah ada jawabannya,” terang Abdul Hamid.

            Hamid menjelaskan, untuk menentukan dewan dari tiap dapil, harus melihat jumlah penduduk di tiap dapil. Soal jumlah dewan ini, KPU punya waktu lebih lama yakni sekitar 14 bulan sebelum pemilu legislatif digelar pada juli 2014 nanti. (Radar Pasuruan)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply